Ingat JNE, Ingat Hemat,
Murah dan Aman!
Oleh: Nurhayati
sumber gambar : https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fupload.wikimedia.org%2Fwikipedia%2Fcommons%2Fthumb%2F9%2F92%2FNew_Logo_JNE.png%2F1200px-New_Logo_JNE.png&tbnid=29E28Uq6ymFs-M&vet=12ahUKEwiV7Piw5b6HAxUnfGwGHaDIClkQMygAegQIARBo..i&imgrefurl=https%3A%2F%2Fid.m.wikipedia.org%2Fwiki%2FBerkas%3ANew_Logo_JNE.png&docid=6p23hs513nRMGM&w=1200&h=481&q=logo%20jne&ved=2ahUKEwiV7Piw5b6HAxUnfGwGHaDIClkQMygAegQIARBo
Masih teringat, pertama kali tahu jasa pengiriman
bernama JNE itu pada tahun 2016, saat kebutuhan untuk mengirimkan hard naskah
novel pertama saya ke salah satu penerbit di Jakarta. Untuk ongkos pengiriman
(ongkir) terbilang cukup ramah di kantong saya sebagai mahasiswa kala itu.
Kini, sudah delapan tahun PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menemani
perjalanan sebagai jasa pengiriman yang saya pilih ke seluruh Indonesia.
Di ulang tahun JNE ke-33 tahun sebagai salah satu
konsumen, saya ingin mendedikasikan ucapan terima kasih lewat tulisan singkat
ini. Terima kasih telah hadir membantu saya dan banyak orang karena telah
menyediakan jasa pengiriman. Sebagai seorang konsumen, saya melihat JNE telah
tumbuh pesat dan melejit sebagai perusahaan logistik yang menyediakan jasa
pengiriman. Bukan tidak mungkin bahwa banyak hal yang telah dilalui JNE hingga
sampai di umur berkepala tiga ini. Semua proses dan perjalanan itu setidaknya
membawa angin segar bagi JNE dan tim yang bertugas di balik layar. Hal ini
terbukti dari perjalanan JNE hingga kini sampai pada usia ke-33 tahun. JNE
telah membersamai pengiriman barang masyarakat Indonesia ke seluruh daratan
nusantara.
Hadirnya JNE sebagai salah satu jasa pengiriman
tentu tidak terlepas dari bantuan teknologi yang juga ikut berkembang. Kita
bisa lihat dan rasakan sendiri bagaimana teknologi ini memudahkan dan
mengefisiensikan waktu yang kita punya secara maksimal. Semua serba mudah dan
cepat, lebih-lebih dalam dunia bisnis. Kehadiran JNE yang didukung oleh
teknologi membantu banyak pembisnis di Indonesia untuk bisa bersaing cepat
secara nasional dan global. Banyak e-commerce Indonesia yang sudah
terkoneksi dengan jasa pengiriman ini. Berbagai pelayanan diberikan secara baik
untuk mendapat kepuasan konsumen yang lebih luas.
Kita tahu bahwa, saat ini, bukan hanya JNE sebagai
perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman secara nasional dan global. Banyak
perusahaan serupa lainnya yang terus ‘naik daun’ serta mencari target pasar
yang lebih besar. Lahirnya beragam jasa pengiriman ini tentu untuk mengabarkan
ke banyak orang bahwa banyak pilihan pengiriman yang bisa konsumen pilih. Tentu
dengan begitu, masing-masing perusahaan harus mempersiapkan inovasi serta terus
mengembangkan kreativitas dengan nilai semangat yang tinggi untuk memajukan
perusahaannya secara nasional dan global, termasuk JNE itu sendiri.
Sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan jasa,
tentu JNE perlu memperhatikan terkait layanan yang baik untuk tercapainya
kepuasan para konsumen. Tujuannya agar target pasar bisa makin luas dan
kebermanfaatan juga dapat dirasakan secara maksimal oleh banyak orang. Sejauh
ini kepuasaan yang dirasakan oleh konsumen JNE terbilang cukup puas. Hal ini
berdasarkan beberapa hasil penelitian yang dilakukan terkait kepuasan dari
pelayanan JNE. Pertama, jika membaca dari hasil penelitian yang dilakukan oleh
Paputungan et al. (2021) pada salah satu cabang JNE di Provinsi Sulawesi
Utara bahwa tingkat kepuasan pelanggan berpengaruh positif, yang bermakna
pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak JNE di cabang
tersebut. Kedua, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ahmad dan
Apriyanti (2021) pada salah satu cabang JNE di Kabupaten Bima bahwa kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal
ini bermakna bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak JNE terhadap konsumen sejauh
ini terbilang baik dan puas.
Memberikan pelayanan yang baik tentu akan menarik
minat pelanggan agar setia menggunakan jasa pengiriman ini kapan pun dan di
mana pun. Sebagaimana telah disampaikan oleh Sudarsono (2016) bahwa kualitas
pelayanan merupakan manfaat yang dirasakan berdasarkan evaluasi konsumen atas
interaksi dibandingkan dengan manfaat yang diharapkan sebelumnya. Hal ini
berarti bahwa kualitas pelayanan ini bisa meningkat dengan bantuan evaluasi
dari setiap laporan kinerja dari masing-masing cabang JNE di seluruh
Indonesia. Baiknya kinerja, maka akan semakin
meningkat pula pelayanan yang diberikan. Sehingga, bukan hal yang tidak mungkin
untuk JNE terus ada di masa mendatang dalam menemani perjalanan sebagai jasa
pengiriman baik secara nasional dan internasional.
Sebagaimana visi JNE untuk “menjadi perusahaan
logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global”, harapannya semoga
ke depannya JNE terus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen
serta hadir dengan terobosan kreativitas yang baru, untuk JNE lebih maju. Ingat
JNE, ingat hemat, murah dan aman!
#JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GasssTerusSemangatKreativitasnya